Cara Mengatasi Multiboot PC Error / Banyak Pilihan Tidak Jelas

Multiboot atau yang bisa dijelaskan sebagai pilihan booting untuk sistem operasi yang lebih dari satu pada satu perangkat biasanya akan digunakan untuk menjalakan berbagai jenis sistem operasi yang berbeda pada satu perangkat pc saja. Namun apa yang akan terjadi jika multiboot tersebut error ? memiliki pilihan yang banyak ? serta pilihan yang banyak tersebut hanya menjalankan satu sistem operasi yang sama, tanpa ada pengaruh lainnya.

Nahh .. permasalahan di atas baru saja saya alami pada pc saya ketika menginstall prime os menggunakan metode installer (bukan melalui install via bios). Jadi ketika saya menjalankan installer tersebut, saya mendapatkan beberapa kali error sehingga ketika saat ingin memilih awal booting, malah muncul banyak sekali pilihan booting dengan nama sistem operasi yang sama.

Berikut adalah cuplikannya.
multiboot error, multi boot error, windows error multiboot
Multiboot Error pada PC
Seperti gambar diataslah yang saya alami, jika saya cek menggunakan perintah msconfig untuk mengetahui sistem operasi apa saja yang saya install, maka hasil yang muncul hanyalah satu saja (windows 10). Lebih jelasnya seperti gambar berikut :
multiboot error, multi boot error, windows error multiboot
Tampilan tersebut dapat anda buka menggunakan perintah :
Tombol Windows + R > ketik "msconfig" (tanpa kutip), lalu Enter.
Sudah jelas bahwa multiboot yang ada pada pilihan booting tidak benar-benar terinstall pada pc saya, dan untuk mengatasi kendala tersebut saya sudah mendapatkan solusinya.

Berikut adalah cara yang dapat anda terapkan untuk mengatasi multi boot yang error pada pc, baik menggunakan os windows ataupun os lainnya.

Cara Mengatasi Multiboot PC Error / Banyak Pilihan Tidak Jelas

1. Saya menyarankan untuk menggunakan sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi hal ini yaitu Easy BCD. Anda dapat men-download easy bcd secara gratis pada link berikut ini :
Download Easy BCD Terbaru
2. Jika sudah, silahkan anda klik kanan program tersebut lalu klik Run Administrator.
3. Kemudian pilih Edit Boot Menu, dan akan muncul tampilan dari sistem operasi apa saja yang berpengaruh pada pc anda.

4. Kemudian pilih saya satu sistem operasi yang error, dan klik Delete.
easy bcd, multi boot error, multiboot error, multiboot banyak, multi boot banyak pilihan
5. Pilih seluruh sistem yang error dan delete, lalu tekan save setting pada bagian bawah.

6. Kemudian aplikasi easy bcd akan meminta restart, silahkan restart pc anda.

Masalah di atas akan terselesaikan dengan menggunakan program Easy BCD yang berkemampuan untuk mengontrol sistem operasi apa saja yang ada di pc anda melalui windows. Dengan demikian maka pilihan boot yang banyak pada menu booting tentu akan hilang dan sesuai dengan semula.

Semoga bermanfaat dan membantu, terima kasih kunjungannya.
Nurhadi Bachtiar
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Tidak akan putus amalan seseorang kecuali 3 hal "Sedekah Jariyah, Ilmu yang Bermanfaat, dan Do'a Anak yang Shaleh."

Related Posts

Subscribe Our Newsletter